Berbagi Untuk Negeri Hal Kecil Yang Bermanfaat

Tak perlu banyak bicara jika ingin berkontribusi untuk perubahan.
Tak perlu banyak wacana untuk merubah suatu yang diinginkan
Hanya butuh tekad kemauan dan kerja nyata untuk hal tersebut.

Sudah terlalu banyak orang hebat, sudah terlalu banyak ide, pemikiran yang bisa menjadi solusi dalam berbagai permasalahan Negeri ini. Tapi….tapi….. kita sangat kekurangan orang-orang yang mau turun tangan langsung mengatasi hal-hal tersebut. Sekarang kita butuh orang-orang itu. Kita butuh orang-orang yang tidak sekedar bicara dibalik bilik, kita butuh orang-orang yang mau Turun tangan untuk sebuah perubahan untuk negeri ini walau hanya sekedar berbagi untuk Negeri. Karena sebuah perubahan akan dimulai dari kerja-kerja kecil nyata dan bermanfaat.

Senang dan bahagia melihat senyum dan tawa anak-anak SD di
sebuah desa yang baru-baru ini kami datangi pada hari Sabtu (26/5).  Sebuah program bernama Berbagi Untuk Negeri yang diselenggarakan oleh Forum Mahasiswa Pascasarjanan dan Awardee LPDP menjadi suatu program yang kembali membuka mata saya akan pentingnya menjaga generasi muda bangsa ini. Kegiatan ini mempunyai beberapa rangkaian acara antara lain, Berbagi Qurban, Donasi buku untuk taman baca dan kelas Inspirasi, Selain itu ada pemberian makanan sehat dan juga simulasi Hidup Sehat cuci tangan dengan sabun.

Menjadi volunteer pada kegiatan tersebut punya kesenangan tersendiri. Perjalanan yang menghabiskan waktu sekitar tiga jam untuk sampai dilokasi punya cerita sendiri. Lelah iya, tapi ada rasa legah setelahnya. Berbagi ceria, berbagi tawa, berbagi ilmu bersama anak-anak SDN 5 Cilaku, Kabupaten Bogor. Berbagi Inspirasi terkait Indonesia dan Ilmu Fotografi pada kegiatan ini saya harap bisa menambah wawasan dan tentunya menjadi amal jariyah.

Lama tak bercengkrama dengan anak SD, pada awalnya sedikit canggung saat diberi kesempatan sebagai Inspirator dihadapan mereka. Niat awal saya untuk berbagi inspirasi berbagi ilmu menghilangkan semua kecanggungan itu.

Awal perkenalan saya menjelaskan latarbelakang saya. Ketika menyebutkan asal dari Makassar Sulawesi Selatan, ternyata tidak ada satupun yang tahu dimana daerah Makassar. Pertanyaan dalam hati “Kok bisa, apakah belum diajarkan. padahal di kelas ada peta Dunia dan peta Indonesia”. Akhirnya dengan menggunakan Tools yang ada di kelas saya menunjukkan wilayah Pulau Sulawesi khusnya Makassar di Sulawesi Selatan dan sedikit menjelaskan lokasi kita saat ini ada di Bogor. Menjelaskan Indonesia Ini Luas. Saya yang jauh dari Makassar bisa terbang ke Bogor bertemu dengan adik-adik. Berarti adik-adik juga bisa terbang ke Makassar suatu waktu, bahkan bukan hanya Makassar, dari sabang sampai Marauke semua bisa kita datangi. Negara kita luas.

Sebuah intorduction memperkenalkan Indonesia kepada adik-adik Sekolah dasar yang cukup jauh dari perkotaan. Saya beranggapan bahwa cara mencintai bangsa ini adalah dengan mengenal terlebih dahulu seluk beluk Negeri Ini. Budaya, Kuliner, adat Istiadat, karena dengan seperti ini pemuda-pemuda yang mengenal Negerinya akan mencintai Negerinya dan berusaha menjadikan Bangsa Ini bermartabat.
Pemuda pemudi yang mencintai Negerinya inilah yang akan menjadi agen perubahan, yang akan berkontribusi dimanasaja dan kapan saja buat bangsa ini tanpa pamrih.

Melihat kecerian mereka, keluguan mereka, mereka-mereka inilah para Tunas Bangsa yang harus dijaga dan dirawat. Mereka yang akan meneruskan estavet pembangunan bangsa. Disaat bangsa ini lemah akibat degradasi moral di kalangan pemuda. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi seluruh pihak dalam memperbaiki bangsa ini.

Saya beranggapan bahwa kondisi Indonesia saat ini adalah representasi pemuda 20 Tahun yang lalu. Oleh karena itu pemuda saat ini akan menggambarkan Indonesia 20-30 tahun Kedepan. Oleh karena itu, Para Tunas bangsa ini harus betul-betul dirawat, dipelihara. Mereka-mereka harus di jaga Moral/akhlaknya, diperkaya wawasannya, di permantap pemahamannya maka disinilah pentingnya Pendidikan kita yang berkualitas.

Berbagi untuk negeri hanya bagian kecil kontribusi kami untuk Indonesia. Kegiatan yang mungkin tak perlu di citrakan tapi punya arti perubahan. Apresiasi buat para pemuda pemudi bukan hanya yang terlibat pada kegiatan ini tetapi mereka dimanapun yang mau meluangkan waktu untuk berbagi inspirasi berbagi ilmu kepada para adik-adik Tunas Bangsa kita. Tak usah banyak bicara, kita butuh langkah konkrit. Teruslah Bekerja Untuk Indonesia.

Baca Juga di Kompasiana:

http://www.kompasiana.com/pondokmunzir/berbagi-untuk-negeri-hal-kecil-yang-bermanfaat_560b6319b59373f70849ad66